Senin, 03 Juli 2017

Berbagai Macam Penyakit Kulit Yang Sering Menimpa Si Kecil

Berbagai Macam Penyakit Kulit Yang Sering Menimpa Si Kecil,- Anak-anak memang rentan sekali terserang berbagai macam penyakit, hal itu terjadi karena daya tahan tubuh anak belum cukup kuat untuk melawan berbagai macam virus dan bakteri penyebab penyakit, serta kondisi lingkungan bermain anak juga bisa mempengaruhi.

Berbagai Macam Penyakit Kulit Yang Sering Menimpa Si Kecil


Berbagai Macam Penyakit Kulit Yang Sering Menimpa Si Kecil

Berbicara mengenai kulit, memang kulit bayi dan balita lebih sensitif. Maka dari itu, si kecil sangat rentan sekali terkena berbagai masalah kulit. Penyakit kulit yang menyerang si kecil dapat disebabkan oleh bakteri jahat, sistem kekebalan tubuh yang belum mampu melawat bakteri jahat tersebut dan juga alergi.

Berikut beberapa penyakit kulit yang sering menimpa si kecil, seperti :
Kurap atau disebut juga dengan ringworm adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur yang terdapat di dalam kulit mati, rambut dan jaringan kuku. Awalnya, kulit menjadi kemerahan dan bersisik, lama-kelamaan akan terbentuk pola seperti cincin, kulit menjadi terkelupas, merah, gatal dan melepuh. Penularan kurap dapat terjadi akibat bersentuhan dengan orang lain atau hewan yang juga terkena kurap, berbagi benda-benda pribadi (misalnya handuk).
Meski sering terjadi pada orang dewasa, eksim juga bisa muncul pada bayi mulai dari usia 3 sampai 4 bulan. Eksim adalah jenis penyakit kulit jangka lama (kronik) dan cenderung kambuh secara tiba-tiba, namun kemudian mereda yang ditandai dengan ruam merah yang mengeluarkan cairan atau nanah, kerak dan juga gatal-gatal.
Jenis penyakit berikutnya yaitu campak. Campak merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus dengan penyebaran yang sangat cepat, jika anak-anak sudah mendapatkan vaksin campak, maka kemungkinan mereka terkena penyakit ini akan minim.
Impetigo merupakan penyakit kulit yang banyak diderita anak-anak yang kurang menjaga kebersihan. Impetigo disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus atau streptokokus yang menyebabkan kulit menjadi kemerahan, berisi cairan dan berkerak.
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang bernama varicella-zoster. Gejala penyakit ini biasanya berupa demam panas disertai muncul ruam di kulit. Ruam sendiri muncul dalam bentuk melepuh seperti tetesan embun, bintik-bintik, dan koreng. Biasanya cacar air menimpa anak selama seminggu dan bisa menular kepada anak lain dalam waktu cepat.
  • Biang Keringat
Penyakit kulit berikutnya yang sering menyerang anak adalah biang keringat. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga keringat tidak dapat keluar. Biang keringat kemudian akan menyebabkan munculnya bintik-bintik seperti jerawat yang memenuhi bagian leher dan kepala.
  • Ruam Popok
Ruam popok atau peradangan pada daerah yang tertutup popok, seperti bokong. Penyakit yang satu ini ditengarai sebagai akibat dari kulit yang terlalu lama bersentuhan dengan air kencing dan tinja. Ruam popok juga bisa disebabkan oleh paparan air yang terlalu banyak ataupun adanya sisa sabun dalam popok yang bersentuhan dengan kulit dalam waktu lama.
  • Kerak Kepala Bayi
Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada bayi baru lahir yang ditandai dengan adanya sisik putih atau kuning yang tebal di permukaan kulit kepala. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan cradle cap yang merupakan istilah umum dari dermatitis seboroik. Pada orang dewasa, gangguan ini biasa disebut sebagai ketombe.

Jika anak Anda mengalami salah satu dari penyakit kulit tersebut, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter, karena dikhawatirkan gejala-gejala tersebut dapat mengganggu aktivitas si buah hati. Selain dapat mengganggu aktivitas, penyakit kulit yang tidak segera ditangani dapat semakin menyebar dan menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.



Berbagai Macam Penyakit Kulit Yang Sering Menimpa Si Kecil 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Obat Asma Bronkial